Pages

sekilas tentang niat...

Selasa, 03 Januari 2012


Gue dari dulu memang suka nulis, sedikit demi sedikit gue nulis. Isinya sih apa aja asal nyata, gue nulis ketika gue sadar bahwa ga semua orang bisa ngerti atau paham gimana perasaan gue. Awalnya ketika kelas 3 SD gue sering nulis tentang liburan lalu gue coba buat nulis tentang kegalauan hati gue. Gue nulis diatas lembaran kertas bercorak klasik. Ketika gue lakuin itu, gue bener-bener ngerasa damai dalam hati sendiri, gue legah dan benar-benar ngerasa kelonggaran.
Tahun makin maju, usia makin banyak. Gue masih andalin yang namanya menulis adalah obat penawar ketika gue ngerasa gak ada lagi cara untuk menampung perasaan apa aja didalam hati sendiri, jadi gue harus ngasih tahu selembaran kertas itu. Ketika kakak gue sering beli novel, gue ikutan sering ngebaca. Gue makin ngerti gimana caranya berkarya dalam sebuah tulisan. Dari situlah gue bisa ngebuat cerpen meski benar2 random banget. Gue pengen banget bisa nulis novel tapi gue tau gue ga punya banyak waktu untuk menyelesaikan beberapa bab. Jadi ketika SMP gue hanya bisa menghasilkan beberapa cerpen saja lalu gue upload ke beberapa website yang memfasilitaskan pengunjung untuk membaca artikel-artikel kemudian gue memberanikan diri untuk ngepost ke blog pribadi gue.
Sejak kelas 9 SMP gue ga pernah lagi baca novel ini mungkin dampak dari keuangan yang ga pernah ngedukung buat beli novel. Gue ga pernah lagi punya tabungan lebih buat hunting buku di storebook. Tapi itu ga ngebuat gue harus berhenti belajar menulis, untung aja gue seringin membagi waktu untuk browsing artikel-artikel yang menarik untuk dibaca dan menambah wawasan. Gue hanya punya PC dan modem hanya lewat itu gue bisa menulis, dan mengandalkan fasilitas itu ga sepenuhnya mendukung gue untuk nulis. Gue ngarep gue punya lapotop pribadi yang bisa gue bawa kemana-kemana jadi sekilas ngerasa sesuatu yang aneh ataupun asik untuk diceritakan hmmm gue bisa menulisnya di blog. Tapi itu...... gue harus nunggu lama untuk itu. Gue hanya bisa membawa jurnal harian (jika mau) kemana-kemana jadi gue bisa nulis kedalam jurnal itu meski singkat, padat, datar, tapi yang pastinya jelasss!!
Jadi gitudeh gue dulunya lebih sering menjinjing jurnal harian gue kemana-mana itu tujuannya agar gue ga cepat lupa dengan apa yang telah terjadi dihari itu. Nah ketika itupula gue udah ngerasa getol banget menulis dengan pena, gue cobain aja untuk ngepost ke blog. Gue bisanya memang blogging dengan PC jadi terkadang gue lupa harus ngepost apa berhubung PC yang pastinya berada dirumah..... tapi ketika gue inget apa yang akan gue ceritain tentang hari itu, gue jadi bisa menceritakan sedetil mungkin dengan panjang sepanjang-panjangnya. Yah... meski gue ga punya laptop pribadi tapi gue bisa memanfaatkan PC dan modem gue dirumah, gue menelusuri apa aja di google yang bisa menambah wawasan gue untuk bisa jadi penulis jadi gue juga bisa lebih bersabar kalo gue ga bisa beli beberapa novel ataupun buku panduan lainnya untuk lebih mendorong gue manjadi penulis. Semenjak gue sering browsing di google kebanding online di jejaring sosial, gue syukur banget bisa nemuin beberapa blog dari penulis contohnya, kak Alit, Bena, Raditya dika, dan arief. Gue terinspirasi banget dengan mereka yang sebagai penulis. Apalagi kak Alit, dia itu memulai dari nol banget untuk jadi penulis. Dan kak Bena adalah blogger yang udah berapa kali nyabet penghargaan hingga keluar negeri dengan gratisan.
Gue sering memandang mereka ketika gue ingin berkarya (meski karya itu sedikit ababil plus random) tapi sebenarnya gue ga harus memandang kesuksesan mereka kalo ingin menggapai cita-cita gue karena itu bakal buat gue down, sesuai kata kak Alit gue harus ngelihat kebelakang, gue harus lihat sejauh mana gue mencoba berkarya tapi hmmm gue juga harus belajar dari mereka yang telah sukses bukan belajar dengan melihat apa yang telah ia capai tapi gue kudu mengutip pembelajaran dari proses meraih kesuksesan dari mereka.
Gue ingin jadi penulis, gue harus belajar dari beberapa penulis yang telah memiliki profesi secara resmi. Terkadang gue belajar dari beberapa novel, nah ini gue bisanya belajar dari novel punya kakak dengan teman. Gue ga punya saku tebal buat beli banyak novel, gue juga hanya bisa ngebaca online karena memang benar gue sama sekali ga bisa beli apa-apa dan yang ada cuma modem dan PC aja. Terkadang sih mama ngedukung, mama kadang-kadang meski kadang-kadangnya hanya satu dua kali ngasih duit buat beli incaran buku yg lagi gue idam-idamkan.
Gue bersyukur.... gue bisa memanfaatkan dengan baik apa yang ada disekitar gue. Contohnya buku teman, meski bukan gue yang punya tapi gue bisa ngebacanya. Jadi istilahnya gue numpang belajar tapi mungkin ada yang beda, gue lebih bisa menyimak secara simak-simak dari buku pinjaman itu karena gue tau itu buku gak akan gue miliki seutuhnya jadi gue harus bisa hafalin inti buku itu. Itulah yang namanya memanfaatkan. Jadi gue bisa sayang dengan barang apa aja meski bukan milik gue. Dan itu berhasil ngebuat gue menjadi “cerdas” (hasil observasi diri sendiri).
Gue ga tergolong orang yang berkalangan atas, gue hanya mampu dan gak berlebihan tapi gue punya tekad. Gue selalu menghidupkan niat gue, gue harus menjadi seseorang yang tidak akan menyiakan kesempatan apalagi waktu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS