Pages

Ketika Menstruasi Tidak Teratur

Rabu, 17 Oktober 2012


Gadis Ngobrol

Kehadiran ‘tamu bulanan’ alias menstruasi yang nggak bisa ditebak, pastinya bikin kita khawatir. Apalagi, mengingat idealnya menstruasi punya siklus yang teratur dan bisa diprediksi. Sebelum panik berkepanjangan, cari tahu yuk, kenapa siklus menstruasi kita nggak teratur.

Kenali Siklusnya
Siklus menstruasi yang teratur bisa kita lihat dari lamanya perdarahan dan jarak (interval) antara dua siklus menstruasi. Lamanya perdarahan bisa bervariasi dari 2 – 7 hari. Sementara jarak antara periode menstruasi yang satu dengan selanjutnya sekitar 28 hari. Nah, jika siklus menstruasi kita nggak seperti ini, dianggap nggak teratur.

Penyebabnya
Ada beberapa hal yang menyebabkan menstruasi kita nggak teratur, di antaranya:

Siklus Belum StabilDi dua tahun pertama kita ‘dapat,’ siklus menstruasi masih belum stabil. Namun, lama-kelamaan siklusnya akan teratur dan bisa terbaca. Makanya, penting untuk kita mencatat atau menandai kalender tiap kali kita menstruasi.

StresCoba perhatikan, apakah akhir-akhir ini kita tertekan atau stres? Jika iya, hati-hati, deh. Soalnya, ketika kita stres, kelenjar adrenal yang bertugas mengeluarkan hormon kortisol akan terpengaruh dan berdampak langsung pada hormon yang terlibat dalam menstruasi kita, seperti estrogen dan progesteron.

Perubahan Berat BadanPerubahan berat yang drastis juga bisa jadi penyebabnya. Soalnya, kenaikan atau penurunan berat badan menandai adanya gangguan pada tyroid. Nah, biasanya gangguan ini ditunjukkan dengan siklus menstruasi yang nggak teratur, tubuh lesu dan lain-lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS